Laman

Minggu, 24 Maret 2013

Membuat Masking Layer pada PCB secara manual

   Masking layer pad PCB digunakan untuk membuat solder resist pada PCB jika kalian menggunakan Altium anda bisa mencari layer negatif dari pad dan viasnya. Nah jika kalian tidak bisa kedua software baik eagle ataupun altium maka kita punya tips and trik baru yaitu menggunakan corel adapun caranya seperti dibawah ini.
   kita lakukan pada board yang sama seperti post sebelumnya  karena boardna sudah siap dicetak. Pertama posisikan 1 layer saja(sebagai contoh) untuk di buat masking. Tipsnya buat layer itu langsung sebagai masking maka untuk menjaga originalnya DUPLIKAT dengan CTRl+D. 
   Buatlah kotak seperti biasa dan Trik pertama yaitu bedakan warna masking dengan warna jalur agar mudah dilihat mana Pad yang akan di lubangkan atau di buat negatif dari pad dan viasnya. setelah itu anda siap untuk membuat negatifnya secara manual. 
     Buatlah negatif melebihi pad yang ada agar mudah saat menyolder dan memudahkan pencetakan solder resisnya Tipsnya berikan warna putih atau lainnya agar mudah menetukan pad yang sudah di negatifkan dan yang belum di negatifkan. Untuk pad yang sejajar dan sama dapat dilakukan CTRL+D untuk menduplikat di tempat yang sama dan jarak yang konstan tapi sebelumnya pastikan bahwa posisi object tepat pada center atau node vias atau pad board pcb yang dibuat. lakukan sampai semua pad terisi negatifnya perlu kesabaran dan ketelitian. 
     Setelah semua pad dibuat negatifnya jangan lupa menghilangkan line pada tiap negatifnya agar lebih presisi kemudian buat warna dasar menjadi warna hitam kembali maka hasilnya akan seperti ini. 

    Sekarang file siap dicetak. Selamat mencoba keep movinf forward
 

Tidak ada komentar: